Pasar Diwarnai Sentimen Positif, IHSG Dibuka Menguat   Nuring Hatie         13 Januari 2020         09:52:52         13x

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan di awal pekan ini, Senin (13/1). Indeks saham menguat ke level 6.287,91 dari penutupan sebelumnya di level 6.274,94.

Direktur PT Anugerah Mega Investama, Hans Kwee melihat perdagangan pada pekan ini berpeluang konsolidasi menguat. Hal tersebut lantaran dipengaruhi sejumlah faktor eksternal, salah satunya kesepakatan dagang Amerika Serikat (AS) dan China.
"Minggu ini pasar di warnai sentimen positif penandatanganan kesepakatan perdagangan fase pertama AS-China," kata Hans, Ahad (12/1). 

Kementerian Perdagangan China mengatakan Wakil Perdana Menteri Liu He akan ke Washington untuk menandatangani perjanjian tersebut, yang dicapai sebelum akhir tahun lalu. Trump sebelumnya mengatakan kesepakatan itu akan ditandatangani Rabu (15/1). 

Penandatangan Fase 1 menjadi sentiment positif. Namun, Hans memperkirakan eforia pendatangan ini hanya berlangsung berjangka pendek di pasar. Pasalnya masih banyak perbedaan kedua negara dan masalah tarif masih menjadi hambatan.

Selain itu, faktor eksternal lainnya berasal dari tensi Timur Tengah yang mulai turun sesudah insiden pembunuhan sosok kedua terpenting di Iran Jenderal Qassem Soeimani. Serangan lebih dari selusin rudal balistik sebagai balasan Iran ke pangkalan udara Irak yang menampung pasukan Amerika tidak memakan korban. 

Menteri Luar Negeri Iran Mohamad Javad Zarif mengatakan bahwa pihaknya tidak mencari eskalasi atau perang, tetapi akan membela diri terhadap agresi apa pun. Presiden Trump mengatakan Iran tampaknya mundur setelah negara itu menyerang pangkalan udara Ain al-Asad. 

Presiden Trump menambahkan AS akan segera menjatuhkan sanksi ekonomi tambahan terhadap rezim Iran. Menteri luar negeri Cina minggu lalu juga memberikan tanggapan yang meredakan tensi dengan menentang penggunaan kekuatan militer dalam konflik AS-Iran. 

"Nampaknya tensi konfik AS Iran mungkin akan mereda. Tetapi faktor kejutan masih sangat mungkin terjadi seperti statement dan potensi konflik," terang Hans.

Dari beberapa hal di atas, Hans memperkirakan pekan ini IHSG berpeluang konsolidasi menguat dengan support di level 6.270 sampai 6.218 dan resisten di level 6.295 sampai 6.337. Dia pun menyarankan sebaiknya pelaku pasar melakukan penjualan ketika pasar mengalami penguatan. 

sumber : https://republika.co.id/



CHANNEL KABUPATEN ACEH UTARA
POLLING
Bagaiman Pelayan Medis pada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara
  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Kurang Memuaskan

STATISTIK PENGUNJUNG
Pengunjung Online : 2

Pengunjung Hari Ini : 282

Pengunjung Bulan Ini : 6997

Total Pengunjung : 804083
ALAMAT

Copyright @ 2016 Pemerintah Aceh Utara Developed By Pemerintah Aceh Utara. All right reserved.