Mahar di Bireuen Ada Yang Mencapai 100 Mayam            21 Januari 2013         08:57:21         536x

BIREUEN - Standar mahar sesuai adat di Kabupaten Bireuen 16 mayam emas. Tetapi dalam pelaksanaan ada yang jumlahnya di bawah 16 mayam dan ada pula yang jauh lebih tinggi. Standar ini untuk pernikahan perjaka dan gadis.

"Di Bireuen ini, kalau seorang perjaka ditanyakan berapa yang mampu menyediakan mahar, maka akan dijawab 16 mayam, itu belum termasuk uang hangus yang bervariasi dari Rp5 juta hingga Rp30 juta," ujar Muzakkir A Gani atau Tukin, tokoh masyarakat Kecamatan Juli, yang juga pemerhati masalah adat dan budaya, Sabtu 19 Januari 2013.

Tukin mengatakan dengan uang hangus yang disepakati, terkadang jumlah mahar kalah harga. Uang hangus dari mempelai pria, kata dia, diserahkan kepada keluarga mempelai wanita digunakan untuk membeli perabotan dan ranjang dan perlengkapan lainnya yang dinamakan asoe kama (isi kamar), selain untuk biaya khanduri (resepsi).

Kata Tukin, jumlah 16 mayam bukanlah keharusan, sebab tergantung pada kesepakatan mempelai dan keluarganya. Selain itu, kata dia, juga tergantung pada status sosial keluarga mempelai.

Untuk keluarga yang relatif sederhana, menurut Tukin, mahar berkisar 7 hingga 12 mayam emas perhiasan. Lalu ditambah asoe kama yang juga disepakati sesuai kemampuan.

"Tetapi untuk keluarga yang relatif punya kemampuan dari segi materi atau status sosial tinggi, mahar disepakati hingga 40 mayam plus uang hangus hingga Rp30 juta. Malah pernah ada satu kali mahar seorang wanita di Bireuen sampai 100 mayam mas, ini rekor tertinggi, saya masih ingat itu, tidak usah saya sebut orangnya," ujar Tukin.

Ia mengatakan sebenarnya dalam tuntunan Islam mahar itu pembawaan atau pemberian dari mempelai pria kepada mempelai wanita berupa barang yang bernilai, bukan semata barang yang berharga. "Tetapi semua itu terpulang kepada cara pandang dan kesepakatan mempelai dan keluarganya," ujar Muzakkir A Gani.sumber:atjehpost



CHANNEL KABUPATEN ACEH UTARA
POLLING
Bagaiman Pelayan Medis pada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara
  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Kurang Memuaskan

STATISTIK PENGUNJUNG
Pengunjung Online : 4

Pengunjung Hari Ini : 185

Pengunjung Bulan Ini : 6361

Total Pengunjung : 668292
ALAMAT

Copyright @ 2016 Pemerintah Aceh Utara Developed By Pemerintah Aceh Utara. All right reserved.